'
Pramita - inspirasi - Mitos/Fakta: Mandi Malam Penyebab Rematik?

Mitos/Fakta: Mandi Malam Penyebab Rematik?


Sebagian besar masyarakat menganggap mandi malam merupakan penyebab rematik. Dengan alasan itu, akhirnya banyak orang khawatir dan tidak pernah mandi malam meski seharian telah memproduksi keringat. Padahal berdasarkan sudut pandang medis, pandangan tersebut TIDAKLAH TEPAT. Terdapat puluhan penyebab yang mengarah pada keluhan rematik. Dari puluhan penyebab tersebut, ternyata mandi malam tidak termasuk di antaranya.

Mandi malam hanya membuat rematik kumat dan bukan menjadi penyebabnya. Hal itu bisa terjadi karena mandi malam dengan air dingin bisa memicu terjadinya perubahan tekanan udara. Suhu dingin dapat mengakibatkan kapsul pada sendi menjadi mengkerut. Kondisi ini menyebabkan munculnya rasa nyeri pada pengidap rematik. Rematik sendiri merupakan penyakit yang menyebabkan radang, kemudian mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun dan menyerang bagian tubuh seperti tangan, pergelangan tangan, kaki, dan lutut.

So, mandi malam bukanlah penyebab rematik akan tetapi bagi pengidap rematik, mandi malam dapat memicu rasa sakitnya. Jadi, jika ingin mandi malam, sebaiknya mandi dengan air hangat ya guys.