'
Pramita - inspirasi - Mitos/Fakta : Nanas Sebabkan Keguguran?

Mitos/Fakta : Nanas Sebabkan Keguguran?


Sahabat Pramita, salah satu buah yang banyak dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil adalah nanas.Buah ini dianggap bisa menyebabkan masalah pada janin bahkan hingga memicu terjadinya keguguran. Benarkah begitu?
Hingga kini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan nanas berbahaya bagi kehamilan. Bahaya nanas bagi kehamilan umumnya dikaitkan dengan adanya kandungan enzim bromelain di buah tersebut.
Bromelain ini bersifat proteolitik yang dapat memecah protein di dalam tubuh. Selain itu, juga dapat memancing kontraksi, sehingga dikhawatirkan bisa menyebabkan perdarahan dan keguguran.
Namun perlu diketahui, jumlah enzim bromelain dalam nanas sangatlah kecil sehingga mengonsumsinya dalam batas wajar tidak mungkin menyebabkan perdarahan atau bahkan keguguran.
Nanas sebenarnya justru bermanfaat untuk ibu hamil. Salah satu manfaatnya adalah membantu meredakan kecemasan.
Menurut penelitian, nanas mengandung vitamin dan flavonoid yang bersifat anxiolytic. Efek ini dapat membantu meredakan kecemasan (anxietas) yang dirasakan selama hamil.
Jadi Sahabat Pramita, mitos nanas dapat menyebabkan keguguran tidak sepenuhnya benar. Diharapkan ibu hamil mengkonsumsinya dengan tetap memperhatikan kebersihan dan tidak berlebihan.