'
Pramita - inspirasi - Mitos/Fakta : Menggerakkan Sendi Bisa Timbulkan Arthritis?

Mitos/Fakta : Menggerakkan Sendi Bisa Timbulkan Arthritis?


Penyakit arthritis merupakan gangguan pada sendi yang tidak boleh dianggap remeh. Selain bisa mengganggu aktivitas, penyakit ini juga bisa memicu kerusakan pada tulang. Jika dibiarkan, dampak lebih serius mungkin akan terjadi

Secara teknis sebenarnya menggerakkan sendi saat meregangkan otot hingga mengeluarkan suara pada persendian bukan termasuk kepada hal yang berbahaya dan bukan penyebab dari arthritis. Arthritis adalah penyakit berupa peradangan di sendi. Kondisi ini dipicu oleh beberapa faktor, di antaranya usia, kelebihan berat badan, genetik dan sebagainya. Namun, jika menggerakkan sendi dilakukan secara berlebihan, bisa jadi berbahaya.

Persendian tersusun dari ligamen, tendon, dan struktur jaringan yang lembut dan semakin lama bisa aus seiring usia. Jika persendian tidak sesuai dengan posisinya, maka bisa menyebabkan kerusakan prematur. Persendian mengandung cairan dan gas seperti nitrogen dan karbondioksida. Ketika cairan tertekan dan ada dorongan di daerah persendian saat kita menggerakkan sendi, maka gas akan keluar.

Tindakan tersebut apabila dilakukan terus menerus atau menjadi bisa memicu pergeseran bantalan sendi antar tulang. Maka jika badan terasa nyeri dan pegal-pegal, sebaiknya melakukan istirahat sejenak sambil melakukan peregangan otot (stretching).