'
Pramita - inspirasi - Mitos/Fakta : Biji Cabai Sebabkan Usus Buntu

Mitos/Fakta : Biji Cabai Sebabkan Usus Buntu


Usus buntu, atau apendiks, terletak di persimpangan usus kecil dan usus besar. Organ ini adalah saluran tipis dengan panjang sekitar empat inci dan berada di perut kanan bawah. Hingga saat ini, fungsi usus buntu tidak diketahui secara spesifik.

Nah, karena itu berbagai mitos seputar usus buntu terus beredar di masyarakat. Salah satu mitos kesehatan yang sering beredar adalah mengenai biji cabai yang disebut bisa menyebabkan usus buntu. Yuk, simak faktanya di sini.

Radang usus buntu dapat disebabkan oleh dua hal. Pertama, infeksi yang membuat usus buntu membesar, rapuh, dan terasa sangat nyeri. Kedua, sumbatan usus akibat gumpalan tinja, cacing, atau tumor.


Sebuah riset yang diterbitkan Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine menyebutkan, biji cabai atau jambu ukurannya terlalu kecil untuk dapat menyumbat usus buntu, sehingga kecil kemungkinan keduanya menjadi penyebab radang pada organ ini. Dari hampir 2.000 kasus yang diteliti dalam penelitian tersebut, hanya satu kasus radang usus buntu yang disebabkan oleh biji buah. Artinya, risiko mengalami kasus usus buntu akibat makan jambu biji ataupun biji buah lain hanya sekitar 0.05 persen. Karena itu, mitos usus buntu yang satu ini tidak perlu Anda percaya lagi.