'
Pramita - inspirasi - Relax, Don't Overthinking

Relax, Don't Overthinking


Siapa sih yang gak mau hidup tenang? Ketenangan dalam hidup adalah impian semua orang. Untuk mencapai ketenangan dalam hidup, kita tidak hanya fokus pada kesehatan fisik saja tetapi Kesehatan mental juga perlu diprioritaskan.

Apalagi di masa pandemic COVID-19 seperti ini, pasti terasa makin sulit, terutama bagi generasi milenial. Banyak milenials kehilangan beberapa momen besar di kehidupan mereka dan juga momen keseharian seperti mengobrol dengan teman dan berpartisipasi di kelas. Untuk para remaja yang merasakan perubahan hidup akibat wabah lalu merasa cemas, terisolasi, dan kecewa karenanya, ketahuilah kamu tidak sendirian.

Meski demikian, kita harus tetap menjaga Kesehatan mental di masa sekarang. Nah, Bagaimana cara meningkatkan Kesehatan mental di masa seperti ini? Yuk ikuti Langkah sederhana berikut:

1. Sadari bahwa kecemasanmu adalah hal yang wajar
Kecemasan adalah fungsi normal dan sehat yang bisa membuat kita waspada terhadap ancaman dan membantu kita untuk mengambil Tindakan melindungi diri. Namun, jangan terlalu larut dalam pikiran negative.

2. Cari pengalihan
Satu hal yang mampu dilakukan untuk menghadapi situasi yang tidak dapat kita kendalikan adalah dengan mencari pengalihan untuk diri sendiri seperti menonton film kesukaan, membaca, dan sebagainya. Hal ini membuat kita menjadi lebih tenang dan tidak larut dalam kecemasan.

3. Temukan cara baru untuk berkomunikasi dengan teman-temanmu
Ketika kita tidak dapat bertatap muka dengan teman-teman, kita bisa memanfaatkan media komunikasi seperti video call agar kita tetap bisa bersosialisasi dengan orang lain.

4. Fokuslah pada dirimu
Fokus pada diri sendiri dan memanfaatkan waktu dengan baik untuk qulity time dengan dirimu sendiri.

5. Istirahat dan Tidur Tepat Waktu
Kurang istirahat dan tidur memiliki efek negative pada suasana hati. Coba tidur pada waktu yang teratur.

6. Lakukan Sesuatu untuk orang lain
Penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain memiliki efek yang baik pada perasaan kita tentang diri sendiri. ⁣