'
Pramita - inspirasi - SEHAT TANPA MEROKOK

SEHAT TANPA MEROKOK


Sehat Jasmani
Menjalani hidup sehat sangat penting sekali dilakukan, apalagi di era pandemik saat ini, karena dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kita semua.Salah satu manfaat kebiasaan hidup sehat yaitu dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan produktivitas diri.

Kiat Hidup Sehat
Ada 6 langkah yang bisa kita lakukan untuk menciptakan kebiasaan sehat menurut Kemenkes RI, diantaranya sebagai berikut :

  • Melakukan aktivitas fisik
  • Konsumsi sayur dan buah
  • Tidak merokok
  • Tidak konsumsi minuman beralkohol
  • Melakukan cek kesehatan berkala
  • Menjaga kebersihan lingkungan

Kebiasaan Merokok
Merokok yang biasa dilakukan  memiliki dampak negatif yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Dampak negatif dari merokok bisa dirasakan oleh perokok aktif dan perokok pasif.

Rokok mengandung zat yg bersifat toksik bagi organ tubuh (paru-paru, ginjal, liver, otak, dan organ lain) dan rokok juga bisa memperparah penyakit yang sudah ada, atau meningkatkan risiko terkena penyakit (terutama penyakit saluran nafas)

Merokok vs Tuberkulosis Paru
Ada hubungan merokok dengan penyakit Tuberkulosis paru, diantaranya sebagai berikut :

  • Merokok meningkatkan risiko terinfeksi TB paru (Boon, S.D, et al., 2005)
  • Merokok ≥ 15 bungkus per tahun, berisiko lebih tinggi untuk terinfeksi TB paru (Zhang, H. et al, 2017; Boon, S.D, et al., 2005)
  • Rokok juga dapat memperparah infeksi paru akibat tuberculosis (Boon, S.D, et al., 2005)
  • Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif juga meningkatkan risiko terinfeksi tuberculosis (Leung, C.C, et al., 2010)

Penulis : dr. Asyahidatul Muchlisah Fitriana. (Dokter Konsulen Medis Laboratorium Klinik PRAMITA Jl. Pahlawan No. 60 Madiun)