'
Pramita - inspirasi - PEMERIKSAAN VITAMIN D

PEMERIKSAAN VITAMIN D


APA ITU VITAMIN D ?
Vitamin D adalah vitamin larut dalam lemak yang memiliki berbagai manfaat dalam tubuh mulai dari menjaga kesehatan tulang hingga meningkatkan imunitas tubuh.Disaat kita hidup ditengah pandemik Covid-19 dalam memperkuat imunitas tubuh, banyak orang membeli suplemen Vitamin D dan mengkonsumsinya tanpa mengetahui efek dalam tubuh karena sesungguhnya kadar Vitamin D disetiap orang berbeda-beda.
Untuk itu betapa pentingnya memantau kadar vitamin D dalam tubuh khususnya apabila seseorang rutin mengkonsumsinya dalam jangka panjang, karena bila kelebihan asupan suplemen dapat menyebabkan toksisitas (keracunan) Vitamin D dalam tubuh. INTERPRETASI :
Apabila didapatkan hasil pemeriksaan kadar Vitamin D, sebagai berikut :
• < 20 ng/ml defisiensi artinya kekurangan berat
• 20-30 ng/ml insufisiensi artinya kekurangan ringan
• > 30 ng/ml artinya optimal (kecukupan vitamin D)
• > 100 ng/ml toksisitas.》 Catatan :
Secara Umum kadar Vitamin D : 50 - 80 ng/ml (125-250 nmol/L) dalam darah merupakan konsentrasi optimal yang dinilai memiliki manfaat tambahan selain untuk menjaga kesehatan tulang, mengurangi peradangan, memperkuat sistem imun, hingga menjaga metabolisme gula dalam darah.
》 Anjuran :
Apabila mengkonsumsi Vitamin D secara rutin dalam jangka panjang, sebaiknya dilakukan pemeriksaan setiap 1 - 3 bulan sekali guna menghindari efek samping dari kelebihan vitamin D.Penulis: Dr. Lely Nurhayati, M.H (Dokter Konsultan Medis Laboratorium Klinik PRAMITA Jl. Raya Mulyosari No. 50-52 Blok PEE 14-15, Surabaya) ⁣