'
Pramita - berita - Peringatan Hari Osteoporosis Sedunia

Peringatan Hari Osteoporosis Sedunia


Setiap tanggal 20 Oktober kita memperingati Hari Osteoporosis Dunia (HOD). Untuk diketahui, osteoporosis adalah masalah pengeroposan dan penurunan kepadatan massa tulang secara berkelanjutan.

HOD diadakan untuk meningkatkan kesadaran pada semua orang terhadap pencegahan dan pengobatan penyakit tulang secara global serta agar kita lebih mencintai tulang agar terhindar dari Pengeroposan

Banyak orang berpikir bahwa osteoporosis terjadi secara alami dan tidak dapat dihindari karena bagian dari penuaan. Masalah tulang keropos memang sering tidak terdeteksi dan tidak diketahui hingga tulang tersebut akhirnya patah.

Meski begitu, ahli medis menyakini kalau osteoporosis sebenarnya bisa dicegah. Dengan menjaga kesehatan tulang. Untuk itu, usahakan latihan fisik secara teratur dan olahraga beban yang menguatkan otot, misalnya jalan kaki atau jalan cepat, bersepeda dan olahraga apa saja yang sesuai usia asalkan rutin.

Hindari gaya hidup tidak sehat, yaitu dengan menjaga berat badan, tidak mengonsumsi alkohol, tidak merokok atau membiarkan diri terpapar asap rokok, serta biasakan diet sehat dan berimbang. Ada baiknya, Sahabat Pramita mengetahui secara dini terhadap risiko osteoporosis dengan melakukan pemeriksaan di Laboratorium Klinik Pramita terdekat.