'
Pramita - inspiration - Mitos/Fakta: Tumbuh Gigi Pada Anak Bisa Sebabkan Demam?

Mitos/Fakta: Tumbuh Gigi Pada Anak Bisa Sebabkan Demam?


Kita sudah sering mendengar keluhan orang tua saat anaknya sedang demam. Salah satu penyebab demam yang populer di tengah masyarakat adalah pertumbuhan gigi.Tumbuh gigi umumnya dimulai pada bayi berusia 4-6 bulan yang ditandai adanya gigi susu yang muncul pada permukaan gusi. Akan tetapi, ada juga beberapa bayi yang giginya mulai muncul pada usia 12 bulan.

Fase pertumbuhan gigi baru bagi anak-anak menjadi fase yang cukup menyakitkan. Namun, kondisi ini bukan penyebab terjadinya demam. Prof. Melissa Wake, peneliti dari Centre for Community Child Health di Royal Children’s Hospital di Melbourne, mengatakan bahwa anak tidak mengalami perubahan dan peningkatan suhu tubuh ketika ia sedang dalam fase pertumbuhan gigi. Demam saat pertumbuhan gigi memang mungkin saja terjadi, namun penyebabnya adalah adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri dari luar. Demam yang muncul merupakan hasil dari pertahanan diri terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh.
Nah berarti demam saat tumbuh gigi pada anak adalah mitos ya Sahabat Pramita. Yang perlu kita lakukan adalah merawat gigi susu yang tumbuh agar gigi selalu sehat dan anak terhindar dari gangguan kesehatan gigi. Sebaiknya, bantu anak menyikat gigi sebanyak 2 kali dalam satu hari untuk merawat kesehatan giginya.