'
Pemeriksaan Sistem Endokrin

PEMERIKSAAN SISTEM ENDOKRIN


Untuk membantu menegakkan diagnosis suatu penyakit termasuk sistem endokrin diperlukan serangkaian pemeriksaan, dimulai dari anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan Laboratorium dan penunjang lainnya.

Pemeriksaan yang diperlukan untuk penyakit-penyakit akibat gangguan Endokrin :
1. Diabetes Melitus
Pemeriksaan Laboratorium yang diperlukan adalah pemeriksaan kadar gula darah seperti :
Glukosa Puasa, Glukosa 2JPP dan HbA1C.

2. Penyakit Graves
Diagnosis Penyakit Graves diawali dengan pemeriksaan fisik (pemeriksaan denyut nadi, tekanan darah, tanda-tanda tremor dan pemeriksaan kelenjar tiroid di leher). Dilanjutkan dengan pemeriksaan darah untuk melihat kadar hormon dari kelenjar tiroid yaitu TSH. Pemeriksaan non laboratorium yang diperlukan adalah USG Tiroid untuk melihat pembesaran kelenjar tiroid.

3. Tiroiditis Hashimoto
Diagnosis Tiroiditis Hashimoto :
▪︎Pemeriksaan Fisik.
▪︎Pemeriksaan laboratorium yang diperlukan adalah pemeriksaan darah, meliputi : Antitiroid Perioksidase Antibodi /Anti TPO, Anti Thyroglobulin Antibody (ATA), atau Antibodi Receptor TSH (TRAb), serta adanya penurunan kadar FT4 dan peningkatan kadar TSH.
▪︎Pemeriksaan non laboratorium, seperti : USG Tiroid berguna untuk menilai ukuran dan struktur kelenjar tiroid.

4. Prolaktinoma
Diagnosis Prolaktinoma :
▪︎ Pemeriksaan laboratorium yang diperlukan adalah Hormon Prolaktin, pada kondisi ini terdapat peningkatan hormon prolaktin.
▪︎ Pemeriksaan Radiologi (MRI) untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kondisi otak, serta ukuran dan lokasi tumor di kelenjar hipofisis.
▪︎ Pemeriksaan lainnya adalah pemeriksaan mata untuk menilai ada tidaknya gangguan lapang pandang. Hal ini perlu dilakukan karena prolaktinoma yang berukuran besar umumnya mengganggu saraf penglihatan di otak.

Persiapan Pasien dan bahan pemeriksaan
▪︎ Pemeriksaan untuk sistem endokrin diperlukan persiapan puasa 8 - 12 jam sebelum pengambilan specimen
▪︎ Pemeriksaan prolaktin, disarankan diambil sampel diantara pukul 08.00 s.d. 10.00 pagi.
• Bahan pemeriksaan yang digunakan adalah darah dari pembuluh darah vena.

Penulis: dr. Nirna Amaliah (Dokter Konsultan Medis Laboratorium Klinik PRAMITA Jl. Karunrung No. 9 Sawerigading Makassar)